Sabtu, 02 Oktober 2010

Ulangan TIK kelas XII IPA 7

SOAL :
1. Sebutkan manfaat design grafis dalam bidang pendidikan!
2. Jelaskan perbedaan grafis berbasis bitmap dan vektor!
3. Jelaskan fungsi dari setiap palette berikut : *navigator palette, *info palette, *color palette, *switches palette, *styles palette
4. Jelaskan tentang program aplikasi coreldraw 12!
5. Jelaskan pengertian BLOG !
1. Perkembangan desain grafis baik dari segi alat yang digunakan untuk mendesain maupun karya-karya yang dihasilkan telah memberikan dampak bagi perkembangan dalam dunia pendidikan. Pembelajaran sebagai suatu proses yang melibatkan siswa, guru dan media pembelajaran telah berkembang menjadi proses yang lebih efektif berkat perkembangan media pembelajaran yang tak lepas dari pengaruh perkembangan dunia grafis. Grafis sebagai sebuah ilustrasi visual mampu memuat pesan-pesan pembelajaran yang dapat dmemberikan pesan ransangan/stimuli dengan kekuatan yang berbeda antara satu dengan lainya. Rangsangan melalui indra visual terbukti cukup effektif untuk membantu manusia dalam proses pembelajarannya. 2. Perbedaan grafis berbasis vektor dan bitmap:
#gambar vektor terdiri atas garis dan kurva yang berfungsi untuk mempresentasikan gambar. pada vektor walaupun gambar di perbesar 24x , gambar akan tetap continu.
#pada bitmap, jika gambar di perbesar sampai 24x , gambar akan memperlihatkan warna yg tidak kontinu (pecah)
3. *navigator palette : untuk merubah besar kecilnya tampilan lembarkrja dengan menggunakan fasilitas zoom slider yang terdapat pd bagian bawah jendela palette navigator.
*info palette : untuk menampilkan semua informasi yang berhubungan dengan tampilan lembaar kerja.
*switches palette : untuk mengolah file image yg anda buka.
*color palette : untuk mengatur warna foreground maupun background berdasarkan kombinasi warna yang telah anda tentukan sendiri.
*style palette : style dapat d gunakan pada obyek, seperti teks atau shaped yg ada dalam tampilan citra  anda.
4. Corel draw12 adalah salah satu perangkat lunak pengolah grafis berbasis vektor.
5. Blog adalah jenis situs web yang biasanya disusun dalam urutan kronologikal(urutan waktu kejadian) dari yang terbaru(postingan terbaru) di bagian atas halaman utama(homepage) menuju ke postingan paling lama kebawah. Sebagai contoh perhatikan blog saya, urutan dari atas adalah postingan terbaru diikuti postingan lama sampai postingan pertama saya. Blog seringkali ditulis oleh seseorang dan diupdate secara berkala. Blog seringkali dtulis dengan satu topik khusus, seperti fotografi, spiritualitas, resep, diary pribadi, hobi, dan masih banyak lagi meskipun juga banyak yang mencampur adukkan topik pembahasannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar